1. PROSES DIGITALISASI TELEVISI

Proses perubahan yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data seperti komputer. Proses perubahan ini lebih kepada teknis, bukan pada program.

2. KARAKTERISTIK DIGITALISASI MEDIA TELEVISI DIBANDING MEDIA LAINNYA

Karakteristik digitalisasi media televisi dibanding media lainnya, salah satu contohnya adalah mempermudah audiensnya untuk memperoleh dan mengerti akan informasi dan bagaimana cara memilahnya dengan bijak. Dalam televisi digital sarat akan informasi, sehingga dalam televisi digital suatu program dapat disiarkan lebih dari satu, baik informasi berita, hiburan, dan lain-lain.

3. IMPLIKASI DIGITALISASI TELEVISI

Implikasi digitalisasi televisi telah merubah berbagai kehidupan dalam masyarakat. Misalnya masyarakat menjadi mudah memperoleh berbagai macam informasi melalui televisi digital karena pada masa kini masyarakat dituntut untuk up-to-date.

4. HAMBATAN & KENDALA DALAM PROSES DIGITALISASI TELEVISI

Digitalisasi televisi menemui banyak kendala. Hambatan itu datangnya dari perusahaan televisi swasta yang terancam digitalisasi. Mereka adalah 10 televisi swasta nasional yang namanya dikenal masyarakat dan televisi lokal tunggal maupun berjaringan. Para penyelenggara program siaran dianggap tidak/sulit untuk memenuhi kewajiban membagi kanal digital dengan penyelenggara lain dengan sistem sewa.